RSS

Struggling for the first time

28 Jan

Entah mengapa aku tiba-tiba teringat perbincanganku dengan mba Rosa.
Sebuah obrolah singkat mengenai hidup kami di belanda. Aku lupa dari mana obrolan kami dimulai , yang kuingat hanyalah

mba rosa : ” vit aku juga dulu kaya kamu, aku malah lebih parah, aku nangis setiap hari, rasanya aku pengen pulang ke Indonesia tidak peduli dengan apapun”. ” aku nggak bisa mengikuti kuliah, aku nggak tau apa yang diomongin dosen, nilaiku hancur benar2 hancur”. “dan hal itu , fase berdarah-darah nggak cuma terjadi sama aku, kamu, tapi semua orang indonesia yang sebelumnya kuliah di Indonesia pasti mengalami hal itu”. “bahkan menurutku kalau ada dosen yang sombong karena lulus dari luar negri, itu nggak wajar”. “aku akan menanyakan apa yang terjadi sama dia di 3 bulan pertama dia sekolah diluar negri, aku yakin 100% orang yang sombong itu pasti mengalami masa2 sulit juga”. ” jadi kamu jangan down terus, kamu harus semangat jangan putus asa, banyak sekali yang pernah mengalami fase2 yang kamu alami sekarang, dan mereka, aku, bisa survive, kamu pasti bisa”

aku pun teringat kembali obrolanku dengan intan :
intan:: ” maaf vit gua ga bisa menghibur lu, karena gua tau rasanya, gua juga mengalami apa yang elu alami, dan gua ga tau mesti ngomong apa, gua bahkan dulu ke si gonny curhat, gua bahkan juga ke psikolog universitas sangking gua stress, saran gua sih banyak2 sholat sama ibadah”.

ada juga obrolanku dengan denny, saat itu aku baru selesai ujian dan aku ga bisa jawab apa2,aku bener2 nangis jadi saat itu kuketok kost-an dia sambil berkata ” den gua mau nangis temenin…”
deni hanya terdiam mendengar tangisan dan curhatanku, kemudian dia berkata :” mbak vita jangan putus asa, harus terus berjuang, mba vita sudah nyebur loh, kalau sudah nyebur harus terus berjuang berenang sampai ke ujung, kalau putus asa bakal tenggelam”. ” mba vita sudah samapai sini loh dan itu nggak mudah dan saya tau itu”. ” temen2 yang sekolah disini saya lihat orang2 hebat loh”.” wong saya aja yang cuma course dua bulan disini aja berdarah2 pengen nagis pengen teriak”.” temen2 disini luar biasa perjuangannya, saya yakin temen2 adalah orang terpilih, jadi apapun hambatannya saya yakin temen2 , mba vita memiliki kapabilitas untuk menghadapi semuanya”.” mba vita itu hebat loh, jadi harus tetap berjuang”.

banyak yang bilang bahwa sekolah diluar negri itu enak, bisa keliling dunia dan lain-lain. tapi mereka tidak tau apa yang dihadapi disini. disini kami menangis , berjuang dengan semua keterbatasan. sangat banyak energi, airmata, keringat dan effort yang dibutuhkan untuk menyesuaikan diri. and itu bukan hal yang mudah. Alhamdulillah memang benar kata temen2  setidaknya satu semester kita baru bisa tune-in. Saat ini aku mulai bisa beradaptasi dengan kultur , semua mulai membaik, semoga saja setiap langkahku ada hikmahnya amiiin…

Regards

V-

 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
